Rabu, 20 Mei 2009

5 Tips Amankan Blackberry Anda

Ini jamannya Blackberry. Perangkat yang satu ini tidak cuma menjadi perangkat komunikasi, tetapi juga simbol gengsi. Namun jangan ceroboh menyimpan Blackberry Anda. Amankan data-data di dalamnya. Nah, bagaimana mengamankan Blackberry Anda? Inilah caranya:

1. Perlakukan Blackberry Anda seperti sebuah PC.
Salah besar jika Anda berasumsi bahwa virus dan malware tidak menjadi masalah di Blackberry. Menurut riset Smobile Systems, malware yang paling banyak menjangkiti Blackberry adalah spyware. Padahal spyware bisa mengintai setiap e-mail dan pesan SMS yang keluar dan masuk Blackberry. Bahkan dapat secara remote menghidupkan telepon dan menguping percakapan yang ada. Jadi lengkapi blackberry anda dengan antivirus.

2. Jangan sembrono menggunakan Blackberry.
Berhati-hatilah. Jaga informasi pribadi Anda dengan tidak menggunakan Blackberry Anda di tempat-tempat yang terbuka atau di keramaian karena bisa saja data-data pribadi anda bisa terlihat oleh orang lain..

3. Jangan tinggalkan Blackberry anda sembarangan.
Saran ini memang paling masuk akal, tetapi justru juga yang menjadi awal bencana bagi pengguna Blackberry. Bukan cuma resiko ketinggalan, tetapi juga membuka peluang bagi pencuri, yang dapat saja mengambil data sensitif atau meng-install trojan horse dalam tempo beberapa detik saat memegang perangkat tersebut.

4. Buat back up data anda.
Belilah software akses remote, untuk antisipasi memback-up data-data anda jika Blackberry anda hilang. Membeli program yang menyediakan akses remote berarti Anda bisa mengunci perangkat sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya. Anda juga dapat mem-backup informasi yang tersimpan di Blackberry dan menghapusnya saat Anda sadar Blackberry Anda raib dan tidak akan kembali lagi.

5. Gunakan enkripsi.
Enkripsi sudah tersedia di perangkat buatan RIM tersebut. Yang perlu dilakukan hanyalah mengaktifkannya.

Selamat mencoba…

Tidak ada komentar: